Posted by : Unknown
Kamis, 24 Maret 2016
Variabel adalah suatu
lokasi/tempat di dalam memori komputer yang bisa dipakai untuk menyimpan nilai.
Variabel ini melambangkan atau merepresentasikan data.
Nilai dari sebuah variabel dapat
dimasukkan oleh pengguna melalui deklarasi di program ataupun pemasukan (input)
di dalam program.
Untuk setiap data yang berbeda,
dibutuhkan variabel yang berbeda pula. Variabel dibedakan dengan cara
diberikan nama yang berbeda. Contohnya, apabila terdapat data
"panjang", "lebar", dan "tinggi", maka dapat
dipakai variabel "p", "l", dan "t" untuk
melambangkannya.
Tipe data dari sebuah variabel harus
dideklarasikan di awal program. Beberapa contoh tipe data untuk menampung angka
adalah byte, integer, word, dan real. Dalam program Pascal, kita dapat melakukan operasi matematika seperti
tambah, kurang, kali, dan bagi.
Contoh program:
var
p,l,t,v:integer;
begin
writeln('Masukkan nilai panjang');
readln(p);
writeln('Masukkan nilai lebar');
readln(l);
writeln('Masukkan nilai tinggi');
readln(t);
v := p * l *
t;
writeln(v);
readln;
end.
Penjelasan:
var
p,l,t,v:integer;
// Deklarasi variabel dengan semua variabel bertipe integer
begin
writeln('Masukkan nilai panjang');
readln(p);
// Input nilai p
writeln('Masukkan nilai lebar');
readln(l);
// Input nilai l
writeln('Masukkan nilai tinggi');
readln(t);
// Input nilai t
v := p * l *
t; // Operasi matematika : v = p
kali l kali t
writeln(v);
// Tampilkan nilai v
readln; // Supaya pembaca
dapat membaca nilai v sebelum program otomatis keluar
end.
Program komputer perlu untuk
berinteraksi dengan pengguna komputer (user), interaksi yang paling
sederhana adalah, komputer mencetak sesuatu di layar sehingga pengguna bisa
melihatnya. Untuk membuat hal tersebut, cobalah program ini:
begin
writeln('Selamat Datang');
end.
Penjelasan:
begin
writeln('Halo
Pembaca'); // instruksi untuk mencetak
& parameter teks yang akan dicetak
end.
Setelah program tersebut dijalankan,
maka komputer akan mencetak kata Halo Pembaca di layar. Ada
sebuah instruksi baru di sini, yaitu instruksi writeln yang
gunanya untuk mencetak lalu menambahkan Enter/baris baru (write and add new
line, writeln berasal dari write + ln, ln merupakan
singkatan dari line). Instruksi writeln ini
disertai dengan parameter teks Halo Pembaca yang harus diapit
oleh tanda petik tunggal (').
Kesalahan
yang sering terjadi:
Setiap instruksi dalam bahasa Pascal, harus diakhiri dengan Operator Akhir Instruksi yaitu tanda titik koma (;) |
Tips
pemrograman yang baik:
Cara menulis program dengan diketik agak ke dalam, disebut dengan indentasi. Cara ini berguna untuk memudahkan membaca blok-blok perintah program, terutama pada program yang memiliki banyak struktur subblok |
Program Kosong adalah program
yang paling sederhana, karena tidak melakukan apa pun. Dalam bahasa Pascal,
program kosong dibuat dengan cara:
begin
end.
Penjelasan: (tanda // slash
ganda artinya adalah komentar/keterangan)
begin //
instruksi untuk mengawali program Pascal
end. //
instruksi untuk mengakhiri program Pascal diikuti Operator Akhir Program
Kesalahan
yang sering terjadi:
Untuk mengakhiri program Pascal, instruksi end harus diikuti Operator Akhir Program yaitu tanda titik (.). Dalam sebuah program Pascal hanya akan terdapat satu saja Operator Akhir Program |
Tambahan Informasi/Catatan:
Bagi pembaca yang sama sekali belum pernah membuat program Pascal dengan bantuan FPC, bisa melihatLampiran A untuk panduan pemakaian FPC |
#include
<iostream>
|
|
using namespace std;
|
|
void main ()
|
|
{
|
|
int a,b,c,d; //definisi
variabel a,b,c dan d dengan tipe data int
|
|
int r = 10; //definisi
variabel r dengan tipe data int berisi data 10
|
|
int s; //definisi
variabel s dengan tipe data int
|
|
a = 5; //pengisian
variabel a dengan data 5
|
|
b = 600; //pengisian
variabel b dengan data 600
|
|
c = 5; //pengisian
variabel c dengan data 5
|
|
d = b*b-4*a*c; //pengisian variabel d dengan
data 600*600-4*5*5
|
|
s = 10 + r++; //pengisian variabel s dengan data 10 + (10+1)
|
|
cout <<"d =
"<<d<<'\n'; //menampilkan
"d = 359900" (1 spasi ke bawah)
|
|
cout <<"r =
"<<r<<'\n'; //menampilkan
"r = 11" (1 spasi ke bawah)
|
|
cout <<"s = "
<<s<<'\n'; //menampilkan
"s = 21" (1 spasi ke bawah)
|
|
r=10; //mengganti
data r dengan 10
|
|
s=10 + ++r; //mengganti
data s dengan 10 + (1+10)
|
|
cout <<"r =
"<<r<<'\n'; //menampilkan
"r = 11" (1 spasi ke bawah)
|
|
cout <<"s = "
<<s<<'\n'; //menampilkan
"s = 21" (1 spasi ke bawah)
|
|
cout <<"Hasil dari 5 % 7 adalah
" << 5%7<<'\n'; //menampilkan
"Hasil dari 5 % 7 adalah 5" (1 spasi ke bawah)
|
|
}
|
Setelah file help tersedia, berikutnya cari folder instalasi Free Pascal. Jika menggunakan lokasi default, file instalasi berada di drive C di dalam folder FPC\2.6.4\. Di dalam folder inilah seluruh file aplikasi Free Pascal berada. Jika anda perhatikan, di dalam folder ini terdapat folder doc yang berisi file help dalam format pdf.

Unzip file help yang baru saja
kita download tadi ke dalam folder FPC\2.6.4\doc\. File help ini berisi
ribuan halaman HTML, sehingga akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk
men-uncompress seluruh file. Apabila sudah selesai, akan terdapat folder doc yang berisi seluruh file help dalam format HTML. Agar tidak
membuat bingung, anda bisa mengubah nama folder ini menjadi doc_html (folder dari zip, bukan folder doc bawaan Free Pascal)

Langkah selanjutnya adalah memberitahukan keberadaan file help
ini kepada aplikasi Free Pascal. Caranya, jalankan Free Pascal, pilih menu Help -> Files…. Pada jendela “Install Help Files”, klik New, lalu cari folder doc_html yang kita tambahkan sebelumnya.

Apabila anda baru pertama
kali menggunakan aplikasi DOS, menelusuri file dan folder mungkin sedikit
membingungkan.

Tanda “../” digunakan untuk naik 1
folder. Silahkan double klik tanda “../” sebanyak 3 kali untuk naik 3 folder
keatas, jika anda melakukannya dengan benar, akan terlihat struktur folder
seperti yang ada pada folder C:\FPC\2.6.4.

Kemudian double klik folder doc, pillih folder doc_html, kemudian pilih file fpctoc.html dan klikOpen.

Pada jendela konfirmasi yang tampil, pilih Yes dari pertanyaan “Create keyword index from help file?”. Proses meng-index file
help akan mulai berjalan. Karena banyaknya file HTML yang ada, proses ini
mungkin akan berlangsung beberapa menit. Silahkan anda tunggu sejenak, atau
membuat secangkir kopi :)

Setelah proses index selesai, Klik OK dan file help telah terintegrasi di dalam Free Pascal. Untuk
mengujinya, silahkan tekan tombol F1, dana anda akan melihat
tampilan index help yang bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat program
dengan pascal.

Sepanjang tutorial belajar Pascal di duniailkom ini, saya akan
menggunakan aplikasi Free Pascal. Namun jika anda memutuskan menggunakan
compiler Turbo Pascal 7, atau ingin mencicipi aplikasi yang melegenda ini,
silahkan ikuti tutorial selanjutnya: Cara Menginstall Compiler Turbo