Posted by : Unknown Kamis, 24 Maret 2016

Variabel adalah suatu lokasi/tempat di dalam memori komputer yang bisa dipakai untuk menyimpan nilai. Variabel ini melambangkan atau merepresentasikan data.
Nilai dari sebuah variabel dapat dimasukkan oleh pengguna melalui deklarasi di program ataupun pemasukan (input) di dalam program.
Untuk setiap data yang berbeda, dibutuhkan variabel yang berbeda pula. Variabel dibedakan dengan cara diberikan nama yang berbeda. Contohnya, apabila terdapat data "panjang", "lebar", dan "tinggi", maka dapat dipakai variabel "p", "l", dan "t" untuk melambangkannya.
Tipe data dari sebuah variabel harus dideklarasikan di awal program. Beberapa contoh tipe data untuk menampung angka adalah byteintegerword, dan real. Dalam program Pascal, kita dapat melakukan operasi matematika seperti tambah, kurang, kali, dan bagi.
Contoh program:
var
   p,l,t,v:integer;
begin
   writeln('Masukkan nilai panjang');
   readln(p);
   writeln('Masukkan nilai lebar');
   readln(l);
   writeln('Masukkan nilai tinggi');
   readln(t);
   v := p * l * t;
   writeln(v);
   readln;
end.
Penjelasan:
var
   p,l,t,v:integer;                  // Deklarasi variabel dengan semua variabel bertipe integer
begin
   writeln('Masukkan nilai panjang');
   readln(p);                        // Input nilai p
   writeln('Masukkan nilai lebar');
   readln(l);                        // Input nilai l
   writeln('Masukkan nilai tinggi');
   readln(t);                        // Input nilai t
   v := p * l * t;                   // Operasi matematika : v = p kali l kali t
   writeln(v);                       // Tampilkan nilai v
   readln;                           // Supaya pembaca dapat membaca nilai v sebelum program otomatis keluar
end.


Program komputer perlu untuk berinteraksi dengan pengguna komputer (user), interaksi yang paling sederhana adalah, komputer mencetak sesuatu di layar sehingga pengguna bisa melihatnya. Untuk membuat hal tersebut, cobalah program ini:
begin
   writeln('Selamat Datang');
end.
Penjelasan:
begin
   writeln('Halo Pembaca');  // instruksi untuk mencetak & parameter teks yang akan dicetak
end.
Setelah program tersebut dijalankan, maka komputer akan mencetak kata Halo Pembaca di layar. Ada sebuah instruksi baru di sini, yaitu instruksi writeln yang gunanya untuk mencetak lalu menambahkan Enter/baris baru (write and add new linewriteln berasal dari write + lnln merupakan singkatan dari line). Instruksi writeln ini disertai dengan parameter teks Halo Pembaca yang harus diapit oleh tanda petik tunggal (').
Description: Stop hand nuvola yellow.svg
Kesalahan yang sering terjadi:
Setiap instruksi dalam bahasa Pascal, harus diakhiri dengan Operator Akhir Instruksi yaitu tanda titik koma (;)

Description: Thumb up icon.svg
Tips pemrograman yang baik:
Cara menulis program dengan diketik agak ke dalam, disebut dengan indentasi. Cara ini berguna untuk memudahkan membaca blok-blok perintah program, terutama pada program yang memiliki banyak struktur subblok

Program Kosong adalah program yang paling sederhana, karena tidak melakukan apa pun. Dalam bahasa Pascal, program kosong dibuat dengan cara:
begin
end.
Penjelasan: (tanda // slash ganda artinya adalah komentar/keterangan)
begin   // instruksi untuk mengawali program Pascal
end.    // instruksi untuk mengakhiri program Pascal diikuti Operator Akhir Program
Description: Stop hand nuvola yellow.svg
Kesalahan yang sering terjadi:
Untuk mengakhiri program Pascal, instruksi end harus diikuti Operator Akhir Program yaitu tanda titik (.). Dalam sebuah program Pascal hanya akan terdapat satu saja Operator Akhir Program

Description: Information icon alt.svg
Tambahan Informasi/Catatan:
Bagi pembaca yang sama sekali belum pernah membuat program Pascal dengan bantuan FPC, bisa melihat
Lampiran A untuk panduan pemakaian FPC








#include <iostream>
using namespace std;
void main ()
{
 int a,b,c,d; //definisi variabel a,b,c dan d dengan tipe data int
 int r = 10;  //definisi variabel r dengan tipe data int berisi data 10
 int s;                    //definisi variabel s dengan tipe data int
 a = 5;                    //pengisian variabel a dengan data 5
 b = 600;            //pengisian variabel b dengan data 600
 c = 5;                    //pengisian variabel c dengan data 5
 d = b*b-4*a*c; //pengisian variabel d dengan data 600*600-4*5*5
 s = 10 + r++;       //pengisian variabel s dengan data 10 + (10+1)
 cout <<"d = "<<d<<'\n';   //menampilkan "d = 359900" (1 spasi ke bawah)
 cout <<"r = "<<r<<'\n';   //menampilkan "r = 11" (1 spasi ke bawah)
 cout <<"s = " <<s<<'\n';  //menampilkan "s = 21" (1 spasi ke bawah)
 r=10;               //mengganti data r dengan 10
 s=10 + ++r;  //mengganti data s dengan 10 + (1+10)
 cout <<"r = "<<r<<'\n';                                             //menampilkan "r = 11" (1 spasi ke bawah)
 cout <<"s = " <<s<<'\n';                                            //menampilkan "s = 21" (1 spasi ke bawah)
 cout <<"Hasil dari 5 % 7 adalah " << 5%7<<'\n';       //menampilkan "Hasil dari 5 % 7 adalah 5" (1 spasi ke bawah)
}
·         Status




Setelah file help tersedia, berikutnya cari folder instalasi Free Pascal. Jika menggunakan lokasi default, file instalasi berada di drive C di dalam folder 
FPC\2.6.4\. Di dalam folder inilah seluruh file aplikasi Free Pascal berada. Jika anda perhatikan, di dalam folder ini terdapat folder doc yang berisi file help dalam format pdf.
Description: Folder doc Instalasi Free Pascal
Unzip file help yang baru saja kita download tadi ke dalam folder FPC\2.6.4\doc\. File help ini berisi ribuan halaman HTML, sehingga akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk men-uncompress seluruh file. Apabila sudah selesai, akan terdapat folder doc yang berisi seluruh file help dalam format HTML. Agar tidak membuat bingung, anda bisa mengubah nama folder ini menjadi doc_html (folder dari zip, bukan folder doc bawaan Free Pascal)
Description: Mengubah nama folder help agar lebih informatif
Langkah selanjutnya adalah memberitahukan keberadaan file help ini kepada aplikasi Free Pascal. Caranya, jalankan Free Pascal, pilih menu Help -> Files…. Pada jendela “Install Help Files”, klik New, lalu cari folder doc_html yang kita tambahkan sebelumnya.
Description: Menambahkan File Help kedalam Free Pascal
Apabila anda baru pertama kali menggunakan aplikasi DOS, menelusuri file dan folder mungkin sedikit membingungkan.
Description: Menambahkan File Help kedalam Free Pascal - Cari file help
Tanda “../” digunakan untuk naik 1 folder. Silahkan double klik tanda “../” sebanyak 3 kali untuk naik 3 folder keatas, jika anda melakukannya dengan benar, akan terlihat struktur folder seperti yang ada pada folder C:\FPC\2.6.4.
Description: Menambahkan File Help kedalam Free Pascal - Cari file help 2
Kemudian double klik folder doc, pillih folder doc_html, kemudian pilih file fpctoc.html dan klikOpen.
Description: Menambahkan File Help kedalam Free Pascal  - Cari file fpctoc
Pada jendela konfirmasi yang tampil, pilih Yes dari pertanyaan “Create keyword index from help file?”. Proses meng-index file help akan mulai berjalan. Karena banyaknya file HTML yang ada, proses ini mungkin akan berlangsung beberapa menit. Silahkan anda tunggu sejenak, atau membuat secangkir kopi :)
Description: Menambahkan File Help kedalam Free Pascal - Membuat index
Setelah proses index selesai, Klik OK dan file help telah terintegrasi di dalam Free Pascal. Untuk mengujinya, silahkan tekan tombol F1, dana anda akan melihat tampilan index help yang bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat program dengan pascal.
Description: File Help Free Pascal Telah Terinstall

Sepanjang tutorial belajar Pascal di duniailkom ini, saya akan menggunakan aplikasi Free Pascal. Namun jika anda memutuskan menggunakan compiler Turbo Pascal 7, atau ingin mencicipi aplikasi yang melegenda ini, silahkan ikuti tutorial selanjutnya: Cara Menginstall Compiler Turbo 




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Widgetized Footer

Widgetized Footer

Widgetized Footer

Widgetized Footer

- Copyright © zero's blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -